gaya rambut hijab
BerHijab sangat penting sekali, tapi bagaimana agar rambut wanita yang mengenakan hijab tetap terjaga. Jangan sampai setelah berhijab, kita bingung dengan urusan rambut, karena pemakaian jilbab.
Di balik penggunaan hijab, sering kali wanita mencari bagaimana perawatan rambut yang tepat.
"Jika menggunakan jilbab,  perhatikan dan pilihlah bahan hijab yang tepat terutama dapat menyerap keringat, bukan hanya keringat tubuh tapi keringat kepala, agar kepala dapat bernafas secara optimal dan teratur," ungkap Dr. Eddy Karta, SpKK pada acara peluncuran L'Oreal Fall Repair 3X di Jakarta.
"Karena biasanya, jika penggunaan jilbab tidak bersih akan menyebabkan radang hebat pada kulit kepala seperti ketombe atau kerontokan rambut yang parah. Selain itu, jaga kebersihan agar kelembaban rambut tetap seimbang," Dr. Eddy Karta menambahkan.

 

Berikut beberapa tips perawatan agar rambut dan kulit kepala tetap sehat bagi wanita berjilbab.


1. Pilih jilbab menyerap keringat
Mengenakan jilbab, menyebabkan kondisi kulit kepala dan rambut menjadi berkeringat. Jilbab berbahan kaus atau katun, jenis jilbab yang dapat menyerap keringat.
2. Rambut dalam keadaan kering
Setelah keramas, jangan langsung menggunakan jilbab. Rambut basah cenderung mudah rontok karena terlalu banyak gesekan. Kondisi kepala dan rambut basah menimbulkan ketombe bahkan gatal-gatal pada kulit kepala. Gunakan bantuan hair dryer.
3. Hindari jilbab berwarna gelap
Sebaiknya gunakan jilbab berwarna putih atau terang saat udara sedang panas. Jilbab berwarna gelap lebih cepat menyerap cahaya matahari yang dapat menyebabkan kondisi lembab di sekitar kepala dan rambut.
4. Jangan ikat rambut terlalu kencang
ada baiknya Anda tidak terlalu kencang mengikatnya karena ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menyebabkan rambut mudah patah.
5. Keramas teratur
Keramaslah dua hari sekali secara teratur dengan mengenali shampoo yang tepat untuk jenis rambut agar hasil maksimal.
6. Konsumsi makanan rendah lemak
Mengkonsumsi makanan rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Selain itu, kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.
Lebih baru Lebih lama