Ada Rahasia Cara Jadi Desainer Busana Muslim Handal dan Terkenal di berbagai penjuru negeri bahkan internasional. Tak hanya berlaku untuk Busana muslim tapi desain busana secara umum.

Desainer merupakan hal pokok dan penting seperti ciri khas tersendiri bagi seseorang.

Kiat Desainer Busana, ada baiknya desainer menemukan DNA atau karakteristik konsep busana yang akan ditawarkan ke khalayak luas. Jadi temukan roh anda terlebih dahulu dalam bidang desain, paling tidak hobby.

Lalu melakukan riset pasar sehingga desainer dapat fokus menentukan pelanggan mana yang akan dipuaskan.
Sedangkan untuk calon desainer, ada tiga rahasia yang harus diketahui agar anda benar-benar menjadi desainer handal, yakni: kepuasaan konsumen terhadap produk dibagi menjadi tiga tahapan yaitu functional effect, emotional benefit, spiritual approach.
Functional effect maksudnya konsumen berbusana kerana fungsinya saja. Adapun emotional benefit adalah tahapan saat konsumen memakai busana bukan karena fungsinya saja, melainkan untuk memenuhi kepuasaan batinnya.
Sementara itu, konsumen yang menganggap busana seperti agama, tidak bisa hidup tanpa merek tertentu dan rela melakukan apapun demi mendapatkan busana tertentu masuk dalam kategori spiritual approach.
"Nah, yang spiritual approach harus kita capai," ujar Era yang juga menyebut mode seperti sebuah kartu nama alias identitas diri.
Untuk mencapai tahapan tersebut, dari sisi desain sendiri, ada elemen dan prinsip desain yang perlu diperhatikan desainer.
"Biasanya materi ini didapatkan dalam sekolah mode. Tapi ada baiknya mereka yang otodidak perlu mengetahuinya," katanya.
Fashion ibarat tata bahasa. Setiap unsur desain busana seperti warna, garis, tone, dan tekstur harus disusun sehingga membentuk komposisi yang bermakna.

Supaya demikian, desainer harus menyusunnya dengan prinsip-prinsip desain.

1. Balance
"Keseimbangan diasosiasikan setiap di sisi kiri dan kanan busana harus seimbang," ujar Era. Entah itu, warna, motif, detail, sulam, volume, semuanya harus terlihat seimbang di dua sisinya. Keseimbangan juga dapat dihadirkan lewat permainan aksesori.
2. Proportion
Ini berkaitan dengan bentuk tubuh manusia. Setiap busana yang dipakai harus sesuai bentuk tubuh pemakainya. Dalam hal ini, siluet busana pun memegang peranan penting. Adapun jenis siluet busana di antaranya X, Y, H, dan O.
3. Harmony
Harmoni artinya seluruh unsur desain harus senada. Dari kacamata bisnis, busana juga harus berharmonisasi dengan market behavior.
4. Emphasize atau Focal Point
Setiap busana harus punya satu titik fokus agar busana tak terlihat monoton. Titik tersebut bisa dihadirkan lewat motif, detail, warna, tekstur atau garis.
5. Unity
Kesatuan adalah rasa kesatuan dimana setiap elemen harus berkoheren dan logis satu sama lain. Ini dapat dimunculkan dengan mengulang elemen, membuat bentuk yang berlapis-lapis, sehingga mata tertuju ke satu elemen yang sama.
6. Opposition
Oposisi artinya elemen-elemen yang tampil lebih menonjol setelah dikontraskan dengan elemen lain. Misal warna biru dengan kuning atau segitiga dan kotak. Dengan oposisi, desain menjadi lebih hidup dan bervariasi.

Demikian Prinsip dan Rahasia agar menjadi Desianer handal dan terkenal bahkan bisa melebihi dari apa yang anda inginkan.

Lebih baru Lebih lama